Cara Mengolah Jahe Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal

Cara Mengolah Jahe Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal - Siapa yang tidak kenal dengan jahe?! Jahe (Zingiber officinale ) ini sangat dikenal sebagai pengahangat tubuh apalagi dimusim hujan. Selain hal tersebut, banyak manfaat lainnya yang terkandung dalam tanaman yang satu ini. Baiklah untuk artikel kali ini saya mencoba share tentang cara pengolahan jahe untuk dijadikan obat tradisional atau herbal, dimana pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tanaman jahe terkait manfaat jahe  dan cara budidayanya.

Untuk yang mau mencoba pengolahan jahe untuk dijadikan obat herbal, silahkan simak ulasan berikut yang memuat informasi cara pengolahan serta peruntukannya.

mengolah jahe merah, mengolah jahe menjadi minuman, manfaat jahe alami, kandungan kimia jahe, khasiat utama jahe, cara mengolah jahe menjadi minuman, cara mengolah jahe menjadi obat, cara mengolah jahe merah untuk kesehatan

Obat Tradisional Jahe

Mengolah Jahe Untuk Pengobatan Dalam

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Batuk 

Berbagai produk obat batuk pun banyak menggunakan bahan bakunya dari tanaman jahe yang memang sangat manjur untuk mengobati penyakit tersebut. Secara tradisional, kita juga dapat mengolah jahe tersebut untuk dijadikan obat. Adapun caranya ialah sediakan jahe dengan takaran seibu jari saja, kemudian cuci hingga bersih lantas lumarkan jahe trsebut.siapkan tempat perebusan yang diisi dengan dengan 2 gelas air, rebuslah sampai airnya bersisa setengahnya (1 gelas). Dan olahan obat herbal pun telah siap untuk diminum. Cukup simpel bukan?

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Cacing Gelang

Sediakan jahe dengan takaran 60 g (jahe fresh), cuci sampai bersih lantas lumarkan dan campur segelas air dengan mengaduknya, jangan lupa untuk menyaring airnya. Berikan tambahan madu satu sendok makan saat akan diminum.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Mabuk Perjalan

Sediakan rimpang jahe dengan takaran seibu jari,  cuci rimpang tersebut lalu iris-iris, lantas direbus dengan campuran segelas air hingga mendidih. Minum air rebusan ketika masih hangat.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Masuk angin 

Sediakan jahe dengan takaran seibu jari saja, lalu cuci sampai bersih. Memarkan jahe hasil cucian tadi dan rebus dengan tambahan 2 gelas air yang telah dicampur sedikit gula aren. Tunggu sampai benar-benar mendidih, jangan lupa untuk menyaring hasil rebusan tersebut. Baik diminum saat hangat.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Mual

Sediakan jahe dengan takaran seibu jari, cuci hinga bersih lalu memarkan. Kemudian rebus dengan satu gelas air dengan tambahan sedikit asam jawa serta gula batu. Cara ini sangat sederhana namun khasiatnya oke.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Sakit kepala

Sediakan jahe dengan takaran seibu jari saja, cuci jahe tersebut kemudian panggang atau bakar. Setelah itu dimemarkan. Seduh dengan satu gelas air serta berikan sedikit gula aren. Obat pun siap diminum.
Mengolah Jahe Untuk Pengobatan Luar

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Borok

Sediakan rimpang jahe dengan takaran seibu jari, cuci lantas parut. Hasil parutannya gunakan untuk mengompres luka borok tersebut.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Digigit ular

Lumatkan seibu jari rimpang jahe yang telah dicuci tambahkan sedikit garam kemudian tempelkan pada luka sisa gigitan ular tersebut. Segera bawa ke dokter.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Eksem

Sediakan jahe dengan takaran seibu jari saja, cuci dan parut lantas diperas. Adapun bahan campuran yang harus disediakan adalah lobak yang sama telah diparut, campur dengan air perasan jahe tadi dengan memberikan sedikit air hangat. Tempelkan di bagian kulit yang terserang eksem.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Gatal (Gigitan Serangga)

Gosok kulit yang gatal karena gigita serangga dengan lumatkan jahe yang telah dicuci.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Panu

Sediakan jahe dengan takaran dua ruas serta segenggam daun turi yang telah dicuci bersih, tumbuklah bahan tersebut lalu Oleskan pada kulit yang berpanu.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Rematik

Tumbuk rimpang jahe yang telah dicuci, lantas berikan sedikit cologne. Gosokkan pada yang terasa sakit akibat rematik.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Terkilir

Sediakan jahe dengan takaran 2 ruas, parut lantas berikan sedikit garam. Oleskan ramuan tersebut pada anggota badan yang terkilir.

  • Mengolah Jahe Menjadi Obat Vitiligo (Bercak Putih Lantaran Kehilangan Pigmen)


Sediakan jahe dengan takaran 30 g, cuci hingga benar-benar bersih. Juice jahe tersebut lantas balurkan pada kulit yang terindikasi vitiligo.

Subscribe to receive free email updates: