Cara Mengolah Serai Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal

Cara Mengolah Serai Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal - Tidak bisa dipungkiri jika saat ini obat-obatan tradisional banyak diburu Konsumen dipasaran. Para produsen obat herbal pun mulai banyak bermunculan dengan produknya masing-masing dengan beragam khasiat. Obat herbal atau tradisional sebetulnya kita dapat mengolahnya sendiri secara sederhana untuk keperluan kita, bahan bakunya juga tidak sulit untuk ditemukan. Pada artikel kali ini saya mencoba share tentang cara pengolahan serai untuk dijadikan obat tradisional atau herbal, dimana pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tanaman serai terkait manfaat serai dan cara budidayanya.

cara mengolah serai untuk mengusir nyamuk, cara mengolah sereh, cara mengolah sereh untuk kesehatan, cara mengolah sereh menjadi obat, resep teh serai, khasiat air rebusan serai, cara membuat minuman dari serai, resep wedang sereh jahe

Obat Tradisional Serai

Bagi yang memerlukan informasi mengenai pengolahan serai untuk dijadikan obat herbal, pastinya bisa anda peroleh dalam pembahasan kali ini.
Mengolah Serai Untuk Pengobatan Dalam

  • Mengolah Serai Menjadi Obat Batuk

Siapkan daun serai yang sudah kering, masukan ketempat rebusan dengan menambahkan dua gela air. Rebuslah daun serai tersebut hingga air menyusut setengahnya. Obat herbal serai pun siap digunakan.

  • Mengolah Serai Menjadi Obat Maag

siapkan serai yang masih segar dengan takaran 40 gram, rebuslah dengan takaran air 2 gelas. Tunggu hingga air menyusut setengahnya. Hasil rebusan tersebut dapat diminum dua kali sehari.
Mengolah Serai Menjadi Obat Sakit Gigi
siapkan serai yang masih segar dengan takaran 40 gram, Rebus dengan dua gelas air dan tungu hingga air menyusut dan tersisa 1/4 nya. Dinginkan dahulu lalu pakailah untuk berkumur.

Mengolah Serai Untuk Pengobatan Luar

  • Mengolah Serai Menjadi Obat Keseleo

Sediakan bahan baku ramuan berupa dua batang serai, dua buah kemiri. Tumbuklah bahan-bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air. Setelah itu panaskan dengan api kecil sampai dirasa cukup panas. Setelah beres dinginkan dulu kemudian balurkan pada anggota badan yang keseleo atau terkilir.

  • Mengolah Serai Menjadi Obat Pengusir Nyamuk

Dalam hal ini kita memerlukan wadah aroma terapi serta lilin untuk pemanasan wadah. cukup dengan meletakan dau serai dan minyak zaitun dalam wadah tersebut, maka aroma yang dihasilkan dapat mengusir nyamuk sekitar.

Subscribe to receive free email updates: