Manfaatkan Pekarangan Rumah Dengan Apotik Hidup Dan Warung Hidup

Manfaatkan Pekarangan Rumah - Suatu areal tanah terbuka yang terletak di sekitar rumah adalah arti kata dari pekarangan. Dengan pentaan yang baik pada pekarangan, tentunya akan menciptaka suasana yang baik pula.Sebetulnya ada banyak konsep dalam optimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah. Alhasil dengan penerapan konsep yang tepat pada penataan pekarangan, ternyata selain keindahan ada juga nilai ekonomis yang bisa didapat.

Berbicara tentang konsep penataan pekarangan, disini penulis ingin berbagi konseptual penataan yang tepat. Bukan maksud untuk menggurui, namun hanya sebagai sharing saja. Karena dalam hal pembelajaran/ilmu tentunya tidak ada kata "selesai", akan terus dan terus menemukan hal pembelajaran yang baru.

Konsep sederhana yang sebenarnya semua orang telah mengetahuinya namun terkadang susah untuk menerapkannya, entah karena alasan sibuk entah karena malas :). Teringat waktu duduk dibangku kelas 5 SD (1991) penulis pertamakali mendengar kata Apotik Hidup Dan Warung Hidup, ternyata saat ini terasa sekali manfaat bagi diri penulis setelah menerapkan konsep tersebut. 'yah biar dibilang terlambat...  daripada tidak'. 

Biar gak banyak basa-basinya, kita langsung ke konsepnya: 

Apotik Hidup adalah pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman obat-obatan herbal, dimana dimaksudkan untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak usah membeli ataupun menjadikannya mudah untuk didapat. Adapun beberapa jenis tumbuhan yang tergolong obat-obatan diantaranya ialah: kunyit, jahe, lengkuas, serai, seledri, daun dewa, daun sirih, daun insulin, kumis kucing, lidah buaya, pinisilin dan lain sebagainya.

 tanaman apotik hidup dan manfaatnya, tanaman obat, apotik hidup di sekolah, manfaat apotik hidup, apotik hidup kunyit, pengertian tanaman apotik hidup, apotik hidup dan manfaatnya, jenis-jenis tanaman apotik hidup dan manfaatnya

Tanaman Apotik Hidup


Warung Hidup adalah pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman untuk kebutuhan dapur, seperti bumbu, sayuran dan buah-buahan. Adapun jenis tanaman tersebut diantaranya: cabe, tomat, terong, bawang daun, jambu, jeruk, bayam dan lain-lain.
jenis tanaman warung hidup, warung hidup pkk, warung hidup dan manfaatnya, pengertian warung hidup, lumbung hidup, apotik hidup, contoh tanaman warung hidup, 5 contoh tanaman warung hidup

Tanaman Warung Hidup

Selain untuk kebutuhan pribadi, tentunya ada nilai ekonomis lainnya yang mana hasil dari tanaman tersebut bisa kita jual, lumayankan?!. hehe...
Untuk cara menanamnya kita bisa gunakan pot, ember bekas cat, polybag atau langsung ditanah pekarangan. Namun perlu dipertimbangkan mana yang lebih tepat dengan kondisi pekarangan rumah kita.
Pada skala rumahan sebenarnya lebih cocok menggunakan polybag, karena dirasa ada beberapa keuntungan antaralain: lebih mudah menanam beberapa jenis tanaman (heterogen), mudah dalam pemeliharaan, cocok untuk tempat sempit karena bisa disusun pada rak, antisipasi penularan hama/penyakit lewat akar serta pemupukan yang lebih hemat. Hal terkait pemupukan disarankan untuk menggunakan pupuk organik.

Subscribe to receive free email updates: