Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal

Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal - Lidah buaya atau aloe vera ini sangat dikenal sekali manfaat atau khasiatnya apalagi di dunia kosmetik, tanaman ini menjadi bahan baku andalan pada produk yang mereka buat. Banyak sebenarnya manfaat dari aloe bagi kesehatan, bahkan mudah sekali menemukan atau mendapatkannya. Banyak masyarakat yang sengaja membudidayakannya dirumah-rumah untuk sekaligus sebagai penghias pekarangan.

Berikut saya coba share tentang cara pengolahan lidah buaya untuk dijadikan obat tradisional atau herbal, dimana pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tanaman lidah buaya terkait manfaat lidah buaya dan cara budidayanya.

mengolah lidah buaya untuk rambut, khasiat lidah buaya untuk kulit, mengolah lidah buaya menjadi makanan, es lidah buaya, mengolah lidah buaya untuk maag, mengolah lidah buaya untuk kecantikan, mengolah lidah buaya menjadi minuman, trik mengolah lidah buaya

Obat Tradisional Lidah Buaya

Oke langsung saja pada ulasan perihal pengolahan lidah buaya untuk dijadikan obat herbal.
Mengolah Lidah Buaya Untuk Pengobatan Dalam

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Ambeien

Sediakan bahan baku dari dau lidah buaya dengan takaran cukup setengah batang saja, cuci daun tersebut sampai bersih kemudianparut. Tambahkan air dengan takaran setengah gelas saja, kemudian peras dan saring. Saat penyajian obat bisa diberi campuran madu sebanyak dua sendok makan.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Batuk

Sediakan daun lidah buaya dengan takaran 20 gram, cuci hingga bersih kemudian kupas daun tersebut dan potong-potong. kemudian blender dengan mencampur sedikit air lalu tambahkan dua sendok madu murni.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Cacingan

Siapkan akar lidah buaya, bersihkan dari tanah dengan mencuci akar tersabut. Lantas jemurlah hingga kering. Setelah itu rebus dengan tambahan segelas air. Tunggu kira-kira tersisa setengah gelas dari hasil rebusan tersebut. Saring dan dinginkan.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Diabetes

Siapkan 2 buah daun lidah buaya, cuci dan buang durinya, iris-iris daun tersebut lalu rebus dengan 2.5 gelas air. Saring dan dinginkan. Minumlah setengah gelas per satukali minumnya. Lakukan 3 x sehari

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Radang Tenggorokan

Kupas satu buah lidah buaya yang telah dibersihkan, iris-iris isinya. Boleh menambahkan madu murni jika ingin.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Sembelit

Siapkan setengan batang daun lidah buaya, cuci kemudian iris-iris kecil dalamnya. Seduh dengan setengah gelas air panas, boleh menambahkan msatu sendok madu. Minumlah saat masih hangat.
Mengolah Lidah Buaya Untuk Pengobatan Luar

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Bisul

Dengan campuran sedikit garam pada daun lidah buaya yang telah dikupas serta telah dilumatkan, tempelkan ramuan tersebut pada luka bisul.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Jerawat

Kupas daun lidah buaya hasil cucian, kemudian blender dengan tambahan tepung beras secukupnya sampai mengental kemudian oles atau balurkan ke wajah. Biarkan setengah jam kemudian bilas dengan air sampai bersih.

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Luka Bakar

Kupas daun lidah buaya, kemudian isinya tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar

  • Mengolah Lidah Buaya Menjadi Obat Penyubur Rambut

Kupas daun lidah buaya, kemudian isinya digosok-gosokkan pada kulit kepala. Namun sebelum menggosokkannya, keramasi rambut terlebih dahulu. Diamkan beberapa jam atau bahkan lebih bagus dari sore hari sampai esok hari. Jangan lupa membungkus rambut/kepala jika mau didiamkan sampai esok.

Subscribe to receive free email updates: