SOSIALISASI PENDAMPINGAN PROGRAM SBL DIFASILITASI DISDIKBUD KOTA BANJAR


BANJAR - HR, Sosialisasi PAScom (Peduli Akan Sampah Community) terkait pendampingan progam Sekolah Berbasis Lingkungan (SBL) digelar pada Kamis 21/04 bertempat di SMAN 1 Banjar. Kegiatan sosialisasi tersebut difasilitasi oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar - Jawa Barat. 

Kegiatan PAScom tersebut dilaksanakan saat acara rapat koordinasi hardiknas yang di hadiri Kepala Dinas Pendidikan (Dahlan), Kabid Dikbud (Dodi), Kasi Dikbud (Aco), Kabid dikdas (Ahmad Yani), Kasi Protokoler Humas (Irma) serta para Kepala Sekolah baik tingkat dasar maupun menengah.

Menurut Kadisdik Dahlan, saat ini Dinas Pendidikan dituntut untuk mempunyai kegiatan inovatif untuk mencapai index pendidikan yang baik. Tentunya banyak cara atau jenis kegiatan inovatif yang bisa dilakukan, misalnya yang berkaitan dengan merubah prilaku siswa terhadap kepedulian lingkungan sekolah, kita bisa adakan program dengan nama 5 menit pungut sampah.

Ditempat yang sama, salah seorang inisiator PAScom, Yadi. S mengatakan kepada HR bahwa komunitasnya juga diminta oleh pihak Dinas Ciptakarya, Kebersihan, Tata Ruang Dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) melalui Kepala Bidang Lingkungan Hidup (LH) Dwi Tanti E untuk mendampingi 18 Sekolah terkait program SBL yang saat ini sedang disosialisasikannya. Ke 18 sekolah tersebut mencakup SD, SMP, SMA yang telah dikategorikan SBL.

Lebih lanjut Yadi mengatakan "ke 18 sekolah ini akan dijadikan pilot projek" nantinya jika berhasil, diharapkan sekolah-sekolah tersebut dapat menularkan ke sekolah lainnya khususnya yang berada di Kota Banjar ini.

***Yana Mulyana

Subscribe to receive free email updates: