Jenis Jenis Tanaman Hias Bunga Populer

Jenis Jenis Tanaman Hias Bunga Populer - Selain tanaman apotik hidup dan warung hidup, tanaman hias pun bisa dijadikan alternatif lain dalam hal konseptual  pekarangan rumah. Banyak ragam atau jenis tanaman hias yang umum di budidayakan dan menjadi tanaman favorit rumahan.
Keuntungan menanam tanaman ini bisa mempercantik lingkungan rumah sehingga membuat suasana nyaman dan asri, ini sangat baik untuk menenangkan diri saat kita merasa jenuh akibat aktifitas keseharian.

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias populer yang umum dibudidayakan atau dikoleksi dan menjadi tanaman hias favorit rumahan, diantaranya adalah :

Anggrek

Anggrek Bulan

Tanaman hias ini sangat populer sekali, sampai-sampai orang yang bukan penghobi bunga sekali pun pasti mengetahui nama bunga yang satu ini. Malahan karena ke populerannya itu membuat beberapa musisi tanah air termasuk salah satunya Ismail Marzuki menciptakan karyanya dengan tema anggrek, luar bisa bukan?
Bunga angrek sebetulnya memiliki banyak jenis, kebanyakan anggota suku tumbuhan berbunga ini hidup di daerah tropika. Disebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, sementara Thailand dan Singapura menjadikan tanaman ini sebagai "Bunga Nasional".

Bunga Matahari

Bunga Matahari

Selain penghasil minyak dari biji-bijinya, bunga matahari dikenal sebagai tanaman hias yang memiliki bentuk serta warna yang menarik. Satu keunikan dari tanaman bunga majemuk ini adalah perilaku khas yang dimilikinya yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari. Gimana, unik kan? Bangsa Perancis menyebut bunga ini sebagai "Pengelana Matahari".

Bougenville

Bougenville Ungu

Tanaman hias ini populer dengan warna warni yang dimilikinya, selain itu bougenville atau bunga kertas juga terbilang mudah dalam hal perawatannya. Beberapa jenis dari tanaman hias ini yang terkenal ialah Bougainvillea ‘Red’; Bougainvillea Pultonii; Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’; Bougainvillea ‘Easter Parade’ dan Bougainvillea ‘Lady Mary Baring.

Mawar

Bunga Mawar

Bunga cantik ini ternyata memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, selain sebagai bunga potong, mawar pun menjadi salah satu bahan baku industri parfum. Ada yang mengatakan kalau kebutuhan minyak mawar dunia untuk industri parfume sangatlah tinggi, salah satu pemenuh kebutuhan dengan persentasi terbesar sebagai penyuling minyak mawar tersebut ialah Bulgaria, sedangkan sisanya dilengkapi oleh Iran dan Jerman.

Melati

Bunga Melati


Tanaman bunga hias ini berkaitan erat dengan tradisi berbagai suku di Indonesia, bisa dilihat bahwa melati selalu dipakai disetiap upacara pernikahan berbagai suku bangsa di negara kita.
Selain hal tersebut, bunga beraroma khas ini untuk jenis melati putih dipakai sebagai simbol nasional yang melambangkan kesucian serta kemurnian.

Subscribe to receive free email updates: