Cara Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal

Cara Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Tradisional Atau Herbal - Lengkuas atau Alpinia galanga biasa dikenal sebagi bumbu untuk masakan, lebih dari itu ternyata banyak manfaat daun lengkuas serta khasiatnya untuk kesehatan.

Terkait hal tersebut, maka pada artikel kali ini saya coba share tentang cara pengolahan lengkuas untuk dijadikan obat tradisional atau herbal, dimana pada artikel sebelumnya juga sudah disinggung mengenai tanaman lengkuas berkenaan dengan manfaat lengkuas dan cara budidayanya.

manfaat lengkuas untuk kulit, pohon lengkuas, manfaat lengkuas merah, khasiat lengkuas untuk kolesterol, manfaat lengkuas untuk kulit wajah, daun lengkuas bermanfaat untuk, kandungan lengkuas, kegunaan lengkuas dalam masakan

Obat Tradisional Lengkuas

Untuk yang memerlukan informasi tentang manfaat lengkuas dan cara penggunaannya, silahkan simak pada ulasan berikut ini:
Mengolah Lengkuas Untuk Pengobatan Dalam

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Bersih Darah

Sediakn dua potong lengkuas seukuran ibu jari, cuci dahulu kemudian kupas lengkuas tersebut lalu parut. Tambahkan air putih setengah gelas saja, aduk-aduk sampai benar bercampur. Saringlah air dari ramuan itu, minumlah.

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Kuat

Siapkan dua potong lengkuas yang masih fresh atau segar seukuran ibu jari kemudian cuci dengan air sampai bersih. Setelah itu memarkan lengkuas tersebut lalu rebus dengan segelas air. Tunggulah hingga kadar air menjadi setengahnya. Minum lah secara rutin dan berkala.

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Limpa Bengkak

Siapkan lengkuas yang masih segar dengan takaran  dua potong seukuran ibu jari, temulawak dengan takaran tiga potong seukuran ibu jari, secangkir daun meniran. Cuci ketiga bahan tersebut hingga bersih lalu iris-iris. Rebus dengan tiga gelas air tunggu sampai sisa air setengahnya. Minumlah untuk pagi dan sore hari.

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Nyeri Haid

Siapkan sepotong lengkuas yang masih fresh atau segar seukuran ibu jari, sepotong kunyit lalu cuci dan kupas kemudian dimemarkan
Bahan selanjutnya yaitu satu sendok makan ketumbar ditambah tiga tanaman meniran beserta akar-akarnya, cuci hingga bersih. Setelah siap, rebuslah kesemua bahan baku tersebut dengan empat gelas air, tunggulah sampai airnya tersisa setengahnya. Kemudian saring dan dinginkan air ramuan tersebut. cukup untuk dua hari simpanlah dalam kulkas atau lemari es. Diminum pagi dan sore.

Mengolah Lengkuas Untuk Pengobatan Luar

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Panu

Siapka satu potong lengkuas yang masih segar kemudian cuci sampai bersih, memarkan lengkuas tersebut disalah satu ujungnya saja. Lantas celupkanlah bagian yang memar dan berserabut itu ke dalam cuka, sapukan ke bagian kulit yang terkena panu. Lakuakan setiap hari sampai sembuh. (3xsehari)

  • Mengolah Lengkuas Menjadi Obat Kutil

Sediakan satu potong lengkuas yang masih fresh atau segar, kemudian cuci dan parut lengkuas tersebut. Lumatkan hasil parutannya bersama satu siung bawang putih yang telah dikupas serta cuka satu sendok teh. Oleskan pada kulit yang berkutil.

Subscribe to receive free email updates: