ADIPURA BUAH DARI PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP





BANJAR - HR, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura sendiri diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (LHK).

Dengan berbagai kriteria penilaian yang sudah ditentukan dan berdasarkan aturan dadakan dari Menteri LHK, dimana daerah yang berhak menerima piala adipura 2015 harus sudah memiliki TPA (tempat pembuangan akhir) dengan tata pengelolaan minimal sudah menggunakan sistem controlled landfill (lahan urugan terkontrol). Dengan demikian maka Kota Banjar masuk kategori dan berhasil meraih Adipura (23/11), seperti yang disampaikan pihak Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Lingkungan hidup (DCKTLH) melalui Kepala Seksi (kasi) Sarana dan Prasarana bidang kebersihan Dyah Shita Asri.

Menurut Dyah, "Adipura merupakan capaian atas peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kota Banjar. Namun demikian tidak akan berhenti sampai disini, harus terus maju untuk melakukan inovasi demi terwujudnya lingkungan yang bersih dan sehat dalam naungan Liveable City" ungkapnya kepada HR (25/11)

Pun tanggapan dari TS (49) salah seorang pemerhati lingkungan asal Banjar mengatakan bahwa "yang menjadi kunci keberhasilan selain konsistensi pemerintah akan hal kebersihan, adalah kerjasama warga dalam penanaman dan pengolahan sampah secara terpadu".

Sebagai warga Banjar, lanjut TS, tentunya merasa senang dan berharap dengan teraihnya adipura ini bisa lebih memacu pada peningkatan semangat maupun kesadaran kita semua akan hal pengelolaan sampah serta penjagaan lingkungan. Ujarnya

***Yana Mulyana

Subscribe to receive free email updates: