300 PENGELOLA SAMPAH MENDAPATKAN BINGKISAN





BANJAR - HR, Sebanyak 300 orang pengelola sampah asal Kota Banjar mendapatkan bingkisan dari Dinas Cipta Karya Kebersihan Tata Ruang Dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) pada Selasa 01/12/15. Pembagian ini dilakukan oleh pihak dinas di area perkantorannya, adapun isi dari bingkisan tersebut adalah susu kental manis dan biskuit.

Ini merupakan awal dari suatu kegiatan yang akan dijadikan program rutin pada tahun depan yaitu mulai dari Januari 2016, seperti yang dikatakan Dyah shita Asri (kasi sarpras bidang kebersihan) kepada HR di sela kegiatan tersebut.

"Program ini dibuat karena kami tidak ingin para pengelola sakit akibat sampah". Disamping sudah adanya Alat Pengaman Diri (APD) yang kami berikan berupa sepatu bots, baju, sarung tangan, dan masker, ditunjang pula dengan BPJS ketenagakerjaan serta Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) sebagai deteksi dini kesehatan, kami rasa program ini perlu di adakan dalam upaya peningkatan daya tahan tubuh terhadap resiko kerja yang timbul dari sampah yang mereka kelola. Katanya.

Untuk waktu pelaksanaan, lanjutnya, setiap awal bulan saat teman-teman pengelola mengambil honornya. Pun kami himbaukan kalau susu dan biskuit ini untuk di konsumsi oleh mereka, agar sesuai dengan tujuan dari program ini.

"kita sih tidak berpikir negatif, tapi setidak-tidaknya untuk berjaga-jaga, karena setiap hari mereka bersinggungan langsung dengan sampah. Dan pada kenyataannya, sebagian dari para pengelola saat bekerja terkadang tidak memakai APD secara lengkap, seperti tidak menggunakan masker dengan alasan pengap. Padahal setiap bulan perlengkapan APD kami ganti baru. Maka dari itu untuk mengimbangi hal tersebut kami adakan program ini dengan harapan meningkatnya daya tahan tubuh." Pungkasnya.

***Yana Mulyana

Subscribe to receive free email updates: