DCKTLH TANGGAPI KADER LINGKUNGAN CILIK






BANJAR - HR, Aktivitas kader lingkungan cilik yang sedang memeriksa tempat sampah terpilah di SD 8 Banjar ini menyiratkan suatu proses pembelajaran terhadap penerapan pola hidup bersih dari usia dini.

Kasi Sarpras Bidang Kebersihan Dinas Cipta Karya Tata Ruang Dan Lingkungan Hidup, Dyah Shita Asri menjelaskan kepada HR, Senin (16/11) bahwa "Pendidikan disadari memang memerlukan waktu yang lama, namun dampak yang dihasilkan relative lebih abadi pula" jelasnya

Tidak heran, lanjutnya, untuk mengubah perilaku dari kebiasaan sehari-hari bukanlah hal yang instan, namun memerlukan waktu dan berbagai cara untuk dapat menarik minat serta dilakukan dengan cara kontinyu. 
Langkah terbaik untuk menanamkan sesuatu yang baik dan benar perlu dilakukan dari usia dini, seperti halnya dengan kebiasaan hidup bersih. Menanamkan kebiasaan hidup bersih sejak usia dini adalah langkah bijak untuk memberi bekal kepada generasi muda tentang rasa cinta pada lingkungan serta hal penjagaan/pengelolaan lingkungan dengan baik. Ungkapnya

Mendidik merupakan kewajiban setiap orangtua, baik ditunjang dengan pendidikan formal maupun pendidikan informal lainnya. Adapun kegiatan di sekolah yang patut diacungi jempol dalam upaya mendukung pengelolaan kebersihan berbasis masyarakat adalah adanya kader lingkungan cilik seperti di SD 8 Banjar ini.
Para kader sengaja dibentuk untuk menjadi agen-agen pecinta lingkungan yang dapat memberi contoh kepada teman-temannya dalam hal pengelolaan lingkungan dengan baik. 
Tak segan mereka memilah dan memilih sampah diantara tempat-tempat sampah yang telah disediakan. Lubang-lubang biopori dilapangan sekolah tak luput menjadi perhatian dengan memasukkan sampah-sampah organic ke dalamnya. Hasilnya memang menakjubkan, lingkungan sekolah menjadi bersih, tertata rapi, hijau dan segar hingga memberikan suasana yang mendukung pada proses belajar mengajar. Paparnya

"Kegiatan kader lingkungan cilik sekolah memang belum menyeluruh di Kota Banjar."
Padahal bukti nyata kader lingkungan cilik ini adalah terciptanya lingkungan sekolah yang lebih baik. Mereka pun memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kelestarian lingkungan hidup yang lebih luas di masa yang akan datang. Tegasnya.

"Maju terus anak-anakku, di tangan kalianlah kami serahkan harapan untuk kemajuan Kota Banjar !!!" Pungkasnya

***Yana Mulyana

Subscribe to receive free email updates: