Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir

Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Anyelir - Menurut  wikipedia, anyelir atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebagai hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray', banyak bunga bagi setiap tangkai.

Lebih lanjut wikipedia menerangkan jika anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Jenis tanaman hias ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm dan biasanya membengkak pada buku atau ruas.

cara merawat bunga anyelir, perawatan bunga anyelir, 15 bunga anyelir, cara perawatan bunga anyelir, rangkaian bunga anyelir, cara menanam bunga carnation, cara merawat bunga carnation, jenis bunga anyelir

Budidaya Tanaman HIas Bunga Anyelir


Klasifikasi Ilmiah Anyelir
Kerajaan: Plantae
Divis: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. caryophyllus

Dalam melakukan penanaman serta pengembangbiakan atau budidaya bunga anyelir ada beberapa tahapan yang harus dilakukan terkait proses menanam tanaman hias bunga anyelir.
  • Media Tanam
Disini penulis menyajikan informasi terkait penanaman bunga anyelir pada pot, gunakan pot dengan diameter besar. Setelah pot disiapkan, kemudian isi dengan campuran antara tanah dengan pupuk kandang, gunakan tanah yang gembur. Untuk perbandingan campuran nya cukup 1:1 saja. Siram dengan air media tanam tersebut agar terjaga kelembabannya.

  • Pembibitan
Cara yang mudah untuk pembibitan ialah dengan memperbanyak tunas rumpunnya, kemudian pilihlah bibit tunas yang terlihat sehat tanpa hama. Pisahkan bibit bunga anyelir terpilih dari induknya, lakukan dengan hati-hati jang sampai merusak akar. Setelah terpisah, simpan ditempat lembab untuk mencegah kematian bibit tersebut.

  • Penanaman
Tanamlah bibit yang telah dipisahkan tadi ke pot yang sudah terisi media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Penting untuk diperhatikan pada proses penanaman ini akar bibit harus benar-benar tertanam dengan baik atau dengan kata lain tertutup seluruh akar oleh media tanam. Jangan lupa padatkan media tanam setelah selesai melakukan penanaman.

  • Proses selanjutnya ialah pemeliharaan tanaman hias bunga anyelir dengan cara pemupukan serta penyiraman yang teratur. (Ingat!! tetap jaga kelembabannya)

Mau tahu artikel menarik lainnya? simak di pekaranganrumahku.blogspot.com.

Subscribe to receive free email updates: